1000 Puisi untuk Guruku

Dalam rangka peringatan hari guru, yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 25 November, SMA Negeri 1 Pekalongan menyelenggarakan Gerakan Literasi Sekolah yang bertajuk ‘1000 Puisi untuk Guruku’pada hari Jumat, 24 November 2017.

Kegiatan diawali dengan penulisan puisi untuk guru di kelas oleh semua siswa SMAN 1 Pekalongan yang berjumlah 919 siswa. Setiap siswa menuliskan minimal satu puisi dan beberapa siswa menulis 2-3 puisi. Tak mau ketinggalan dari siswa, guru dan karyawan juga berpartisipasi menuliskan puisi. Total puisi yang terkumpul dari siswa ada 1010 puisi dan dari guru ada 56 puisi, sehingga puisi yang tercipta pada hari itu sejumlah 1056 puisi. Luar biasa, ternyata gerakan ini telah melahirkan penyair-penyair yang lihai mengungkapkan perasaannya lewat untaian kata.

Kegiatan selanjutnya adalah upacara peringatan hari guru, di mana Kepala Sekolah, Bapak Sulikin, M.Pd, memberikan sambutan dan membacakan puisinya di hadapan siswa dan para guru dan karyawan. Selanjutnya anak-anak menyanyikan lagu-lagu cinta untuk guru, menyajikan drama teatrikal, dan membacakan 9 puisi terbaik, ungkapan cinta dan hormat pada guru.  Puisi terbaik dari kelas X adalah buah pena dari Filamona Jovena (X IPA 3), Afwa Sabrina (X IPA 5), Wulan Maulida.(X IPA 7). Dari kelas XI, Putri Zulfa (XI IPA 2), Widya Arsyada (XI IPA 1), dan Cantika Yanuardani (XI IPA 5). Dari kelas XII , Fidya Suci Maharani (XII IPA 4), Qonita Maulidia (XII IPS 1), dan Habban Maula (XII IPA 2).

Pembacaan puisi diakhiri dengan tampilnya Ibu Indah Muslichatun, M.Pd, membacakan puisi cinta untuk siswa, mengamanatkan agar siswa belajar dengan gembira dan bahagia tanpa rasa tertekan. Karena sejatinya mencari ilmu adalah sesuatu yang menyenangkan, seperti kita mendapatkan cahaya dalam kegelapan, seperti mendapatkan oksigen dalam kepengapan, dan seperti mendapatkan air dalam kekeringan.

Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah ditutup dengan menyanyikan bersama lagu Himne guru.

Menurut Bapak Sulikin, M.Pd, Kepala Sekolah SMAN 1 Pekalongan, kegiatan gerakan literasi sekolah dalam rangka Hari Guru yang bertajuk ‘1000 Puisi untuk Guruku’ ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa menulis dan membaca puisi  dan memberikan ruang kepada siswa untuk mengekspresikan rasa terima kasih dan cintanya pada guru, dan sebaliknya, dari guru mengungkapkan rasa sayangnya kepada siswa. Dari kegiatan ini diharapkan muncul penyair-penyair handal seperti Bapak Taufik Ismail, yang juga alumni SMAN 1 Pekalongan.

Leave a Reply

%d bloggers like this: