Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia (OSEBI)

FLYER

Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia (OSEBI) merupakan wadah bagi berkembangnya apresiasi positif dari para siswa terhadap Kesenian dan Bahasa Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan untuk:

  1. Mendorong dan mendukung kreativitas siswa dalam bidang seni dan bahasa Indonesia.
  2. Menumbuhsuburkan semangat siswa dalam mengapresiasi seni dan bahasa Indonesia.
  3. Memberikan media untuk berkreasi bagi para siswa dalam mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki dalam bidang seni dan bahasa Indonesia.
  4. Meningkatkan kecintaan para siswa terhadap budaya bangsa, khususnya dalam bidang seni dan bahasa Indonesia.
  5. Meningkatkan dan mempererat hubungan antarbudaya dan antarbangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
PANDUAN
Tema kegiatan ini adalah: “Menjadi Indonesia yang Bermartabat dan Berkarakter”.Aturan Umum

  1. Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia ini adalah kegiatan lomba tahunan untuk para pembelajar bahasa Indonesia baik warga Negara Indonesia maupun warga Negara asing.
  2. Peserta kegiatan ini diperuntukkan bagi para pelajar SD/MI, SMP/MTs, – SMA/MA, dan SMK/MAK, dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Lomba Menyanyi Solo; peserta: SD/MI, SMP/MTs, – SMA/MA, dan SMK/MAK.
    2. Lomba Tari Kreasi Nusantara; peserta: SD/MI – SMP/MTs, dan SMA/MAK.
    3. Lomba Baca Puisi; peserta: SD/MI, SMP/MTs, – SMA/MA, dan SMK/MAK.
    4. Lomba Menulis
      1. Esai; peserta: SMA/MA, SMK/MAK
      2. Cerpen; peserta: SMP/MTs
      3. Puisi; peserta: SD/MI

Untuk kategori lomba menyanyi, tari kreasi nusantara dan baca puisi, proses seleksi melalui tahapan sebagai berikut:

  1. Melakukan pendaftaran dengan mengirimkan formulir pendaftaran yang bisa didownload di www.osebi.org  dilengkapi dengan materi lomba; untuk kategori tari kreasi, menyanyi, dan baca puisi berupa file video penampilan lengkap dengan kostum (dalam format AVI, MP4, MVW, FLV, dan yang sejenisnya) paling lambat tanggal 31 Maret 2013 ke panitia (cap pos).
  2. Materi lomba dari masing-masing kategori akan dinilai dan diseleksi oleh Tim Juri yang sudah disiapkan oleh panitia untuk menentukan 3 besar nasional. Pengumuman untuk yang masuk 3 besar akan disampaikan pada tanggal 15 April 2013.
  3. Peserta yang masuk 3 besar akan diundang ke Jakarta untuk melakukan seleksi terakhir berupa Tes Kemampuan Pengetahuan Bahasa Indonesia tanggal 2 Mei 2013 dan penampilan secara langsung di panggung di babak Gran Final tanggal 3 Mei 2013.

Untuk kategori menulis puisi, menulis cerpen, dan menulis esai proses seleksi melalui tahapan sebagai berikut:

  1. Melakukan pendaftaran dengan cara mengirimkan formulir pendaftaran yang bisa didownload di www.osebi.org, dilampiri materi lomba untuk masing-masing kategori (naskah puisi, cerpen, dan esai) melalui email dan/atau dikirim via pos ke panitia paling lambat tanggal 31 Maret 2013 (cap pos).
  2. Materi lomba dari masing-masing kategori akan dinilai dan diseleksi oleh Tim Juri yang sudah disiapkan oleh panitia untuk menentukan 3 besar nasional. Pengumuman untuk yang masuk 3 besar akan disampaikan pada tanggal 15 April 2013.
  3. Bagi mereka yang masuk 3 besar untuk masing-masing kategori akan diundang ke Jakarta untuk menentukan urutan juaranya dengan mengikuti  satu kegiatan seleksi tes kemampuan pengetahuan bahasa Indonesia 2 Mei 2013, dan menerima penghargaan pada acara puncak tanggal  3 Mei 2013.

 

  1. Setiap sekolah diperbolehkan untuk mengirimkan lebih dari satu peserta/tim untuk masing-masing kategori.
  2. Semua peserta diharap mempersiapkan segala kebutuhan atau perlengkapan penampilannya.
  3. Pada waktu acara Final dan Pemberian Penghargaan, semua peserta diwajibkan untuk memakai pakaian tradisional masing-masing daerah (provinsi) dengan mengindahkan norma-norma kesopanan. Untuk itu, semua peserta diharap mempersiapkan dan membawa pakaian tradisionalnya ke Jakarta.
  4. Biaya perjalanan untuk semua peserta, para pembimbing dan/atau para pendamping dari masing-masing daerah ke tempat penyelenggaraan (Jakarta) pulang-pergi ditanggung masing-masing peserta/tim. Sedangkan untuk biaya akomodasi, konsumsi, dan transportasi selama kegiatan berlangsung ditanggung oleh pihak panitia.
  5. Selama kegiatan berlangsung para peserta dilarang meninggalkan tempat kegiatan tanpa izin tertulis dari panitia.
  6. Selama kegiatan berlangsung para peserta dihimbau untuk meningkatkan rasa persaudaraan dan persatuan, dan menghindari hal-hal yang berbau SARA. Dalam hal ini setiap Pembina diharapkan peran sertanya.
  7. Keputusan Dewan Juri TIDAK dapat diganggu gugat.
TAHAP PELAKSANAAN
tahapan
Kegiatan
Kegiatan OSEBI 2013 ini terdiri atas:

  1. Lomba Menyanyi
  2. Lomba Tari Kreasi Nusantara
  3. Lomba Baca Puisi
  4. Lomba Menulis (a. esai, b. puisi, c. cerpen)
  5. Pemberian Penghargaan untuk  Tokoh yang Berjasa dalam bidang Budaya, Seni, dan Bahasa

 

Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Kegiatan ini akan diadakan di Sekolah Kharisma Bangsa, Tangsel dan Sasono Langen Budoyo, TMII, Jakarta, pada tanggal 2-3 Mei 2013

 

Penentuan Juara

No. CABANG SENI JUARA JUMLAH
I II III
1 Lomba Menyanyi Solo 1 1 1 3
2 Lomba Tari Kreasi Nusantara 1 1 1 3
3 Lomba Baca Puisi 1 1 1 3
4 Lomba Menulis Esai 1 1 1 3
5 Lomba Menulis Puisi 1 1 1 3
6 Lomba Menulis Cerpen 1 1 1 3
JUMLAH 6 6 6 18

Penghargaan dan Hadiah

No. CABANG SENI JUARA
I II III
1 Lomba Tari Kreasi Nusantara Medali emas, sertifikat, dan Rp7.000.000 Medali perak, sertifikat, dan Rp5.000.000 Medali Perunggu, sertifikat, dan Rp3.000.000
2 Lomba Menyanyi Solo Medali emas, sertifikat, dan Rp4.000.000 Medali perak, sertifikat, dan Rp3.000.000 Medali Perunggu, sertifikat, dan Rp2.000.000
3 Lomba Baca Puisi Medali emas, sertifikat, dan Rp4.000.000 Medali perak, sertifikat, dan Rp3.000.000 Medali Perunggu, sertifikat, dan Rp2.000.000
4 Lomba Menulis Esai Medali emas, sertifikat, dan Rp4.000.000 Medali perak, sertifikat, dan Rp3.000.000 Medali Perunggu, sertifikat, dan Rp2.000.000
5 Lomba Menulis Puisi Medali emas, sertifikat, dan Rp4.000.000 Medali perak, sertifikat, dan Rp3.000.000 Medali Perunggu, sertifikat, dan Rp2.000.000
6 Lomba Menulis Cerpen Medali emas, sertifikat, dan Rp4.000.000 Medali perak, sertifikat, dan Rp3.000.000 Medali Perunggu, sertifikat, dan Rp2.000.000

Nb. Plus kesempatan mendapatkan beasiswa pendidikan dari sekolah mitra kerja PASIAD Indonesia.*

(*syarat dan ketentuan berlaku)

 

Syarat Pendaftaran

  1. Pelajar SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK atau yang sederajat.
  2. Pas Foto 3 x 4 (1 lembar)
  3. Fotokopi Kartu Pelajar (1 lembar)
  4. Surat Keterangan dari Sekolah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan adalah siswa sekolah tersebut.

Untuk info Selengkapnya silahkan kunjungi http://osebi.org (website resmi OSEBI)

Leave a Reply

%d bloggers like this: