Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional 2014

2-DSC04581

Pada tanggal 22 Desember 2014 yang lalu, SMA 1 Pekalongan mendapatkan penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional. Penghargaan yang diserahkan langsung kepada bapak kepala sekolah oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, Ph.D. di Jakarta. DSC04581

Acara penyerahan penghargaan sekolah Adiwiyata ini merupakan rangkaian acara dari Sarasehan Adiwiyata Nasional dan Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) 2014 diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah dan kepala sekolah yang telah mewujudkan sekolah binaannya menjadi salah satu sekolah terbaik di negeri ini dengan pencapaian sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2014.

ADIWIYATA sendiri mempunyai pengertian atau makna sebagai tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita‐cita pembangunan berkelanjutan.

Tujuan program Adiwiyata adalah mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Setelah meraih penghargaan ini, maka tujuan selanjutnya selain tetap menjaga lingkungan sekolah agar tetap sehat, alami dan ramah lingkungan adalah untuk mencapai pada Adiwiyata Mandiri, nantinya bila berhasil maka penghargaan tersebut akan diserahkan langsung oleh presiden Jokowi.

Harapannya, setelah mendapatkan penghargaan ini, kita semua sebagai warga dari SMA 1 Pekalongan tetap menjaga agar sekolah kita semakin ramah dengan lingkungan sekitar, tidak hanya di sekolahan tapi lingkungan dimana kita tinggal. Selain itu bapak kelapa sekolah juga menyampaikan harapannya agar pembelajaran yang dilakukan di SMA 1 Pekalongan bisa mengambil tema-tema seputar lingkungan hidup sebagai bahan pembelajaran di setiap pelajaran.

Leave a Reply

%d bloggers like this: