Pemilihan Ketua OSIS SMANSA Periode 2017/2018

Pemilhan Ketua Osis (Pilketos) SMANSA yang diprakarsi oleh Majelis Perwakilan Kelas (MPK) pada tahun 2017 ini bertema “Dengan Pilketos 2017 Bangkitkan Semangat Demokrasi Demi Menghasilkan Generasi Berprestasi.” Dalam pilketos, calon ketua OSIS (caketos) harus melewati tujuh tahap terlebih dahulu sebelum terpilih. Tahap pertama, caketos harus mengikuti seleksi tertulis. Kedua, interview dengan para ketua organisasi SMANSA. Ketiga, interview dengan pembina OSIS. Dilanjutkan dengan debat pilketos di aula SMANSA. Lalu, orasi di lapangan. Tahap keenam, pilketos melalui online (http://osis.sman1pekalongan.sch.id). Pilketos online dilaksanakan pada Rabu, 16 Agustus 2017 pukul 12.00-18.00. Setiap siswa diwajibkan menentukan pilihan, karena satu suara kalain menentukan masa depan Smansa. Tahap ketujuh, pengumuman ketua Osis SMA N 1 Pekalongan. Waktu yang dibutuhkan untuk melewati tujuh tahap ini adalah satu bulan dengan jadwal yang telah ditentukan oleh MPK.

“Pilketos ini bisa dijadikan sebagai pembelajaran demokrasi sejak dini. Tidak hanya teori, tetapi juga mengaplikasikan ke kehidupan sehari-hari,” kata Pak Sulikin selaku kepala sekolah pada tahap seleksi keempat pilketos di aula SMA N 1 Pekalongan, Senin (14/08/2017).

Brilian Ravi A., M. Gilang Alfian Z., dan Fanny Rahmatika merupakan tiga kandidat caketos periode 2017/2018. Mereka memiliki visi dan misi masing-masing yang luar biasa untuk memajukan SMA N 1 Pekalongan pada umumnya dan pada OSIS SMANSA pada khususnya.

Ravi memaparkan tentang 2 prinsip, nyaman dan menyenangkan serta 3 sifat, kreatif, inovatif, dan percaya diri yang nantinya akan ia terapkan dalam menjalankan amanahnya sebagi ketua OSIS SMANSA. Sedangkan Gilang menjelaskan terkait misinya, menampung aspirasi, minat/bakat dan kreativitas siswa untuk menjadikan SMA 1 Pekalongan sebagai sekolah unggulan tingkat nasional. Fanny juga tidak kalah dalam misinya, mengoptimalkan peran dan fungsi OSIS sebagai sarana penampung dan pelaksana aspirasi,inovasi dan kreativitas siswa. Ketiga kandidat nantinya akan menjadi ketua OSIS SMANSA dengan hierarki ketua umum, ketua 1, dan ketua 2.

“Orasi ini bermanfaat, kita bisa lebih mengenal kandidat. Dengan ini pula kita bisa yakin untuk memilih siapa yang cocok jadi ketos,” kata siswi kelas XII pada tahap seleksi kelima, yaitu orasi pilketos. Tahapan pilketos ini diharapkan dapat melibatkan seluruh warga SMANSA agar hasil dari pilketos ini dapat transparan.

“Diharapkan dengan adanya pilketos ini bisa menjadi kegiatan pembelajaran siswa. Bukan sekedar kegiatan seremonial, tetapi juga menjadi kegiatan penting sebagai penentu masa depan SMANSA,” ucap Hussin, selaku ketua kegiatan pilketos 2017.

Setelah upacara peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-72 di lapangan SMA 1 Pekalongan pada tanggal 17 Agustus 2017 diumumkan oleh wakil kepala sekolah bidang Kesiswaan hasil perolehan pemungutan suara pemilihan ketua OSIS periode 2017-2018 diharapan bapak-ibu guru beserta siswa-siswi SMANSA. Adapun perolehannya sebagai berikut :

  1. Brillian Ravi Alvriano : 279 Suara
  2. Moh. Gilang Alfian Zain : 231 Suara
  3. Fanny Rahmatika : 379 Suara

Dengan demikian total siswa yang menggunakan hak pilih adalah 889 siswa dari total semua siswa SMANSA 919 siswa atau 96.73% suara yang masuk pada pemilihan ketua OSIS tahun ini. Adapun untuk pelatikan dan pengesahan ketua terpilih masing menunggu informasi dari pihak sekolah.

Leave a Reply

%d bloggers like this: