Siswa SMA 1 Pekalongan ke Amerika

nadya

nadyaNadya Tiara Ayunda, merupakan salah satu siswa SMA 1 Pekalongan yang berhasil lolos seleksi program pertukaran pelajaran dari Rotary Youth Exchange yang esok akan bersiap berangkat ke Amerika dalam melaksanakan misi mengenalkan/mempromosikan kebudayaan Indonesia serta membawa misi sosial lainnya di Amerika.

Selama satu tahun kedepan, Nadya akan berada di Amerika tepatnya di Michigan, salah satu kota besar yang ada di Amerika. Selama setahun itupula Nadya harus melaksanakan misi yang diberikan oleh Rotary Foundation untuk mengenalkan budaya dan melakukan misi sosial lainnya.

Rotary sendiri atau biasanya dikenal sebagai Rotary Club adalah sebuah Club yang tersebar di seluruh dunia. Anggota Rotary Club dipanggil Rotarian dan adalah para pemimpin bisnis dan profesional yang memberikan jasa kemanusiaan, mendorong adanya standar etika yang tinggi dalam setiap kegiatan sukarela, dan membantu membangun kebersamaan dan kedamaian di dunia. Motto mereka adalah “Service above Self” (Mementingkan Kegiatan Saling Membantu daripada Kepentingan Diri Sendiri).

Rotary Club pertama didirikan pada 1905 di Chicago oleh Paul Harris. National Association of Rotary Clubs (Asosiasi Rotary Club Nasional) dibentuk pada 1910. Namanya kemudian diganti menjadi Rotary International pada 1922 karena telah terbentuknya cabang-cabang di luar negeri. Kini ia telah menyebar ke 168 negara dan mempunyai lebih dari 1,2 juta anggota di sekitar 32.000 klub. Nama Rotary dipilih karena rapat klub aslinya dirotasikan di antara klub-klub yang menjadi anggota organisasi ini. Anggota dari sebuah klub bertemu setiap pekan untuk sarapan, makan siang ataupun makan malam, yang selain menjadi saat mereka dapat menyusun tugas mereka untuk mencapai tujuan suatu kegiatan, juga merupakan sebuah even sosial.

Selain kegiatan pertukaran pelajar, Rotary juga mengadakan beberapa program sosial kemanusian lian seperti :

  • Polio-Plus – membantu menghapuskan polio.
  • Rotary Youth Exchange – program pertukaran pelajar.
  • Ambassadorial Scholarships – program tertua Rotary Club, sebuah program beasiswa.
  • Shelter Box – Program bantuan untuk bencana dalam bentuk makanan, obat, dan masker.
untuk mengetahui tentang Rotary silahkan bisa membaca pada website Rotary di link sumber di bawah ini
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Klub_Rotary | http://www.rotary.org/en/Pages/ridefault.aspx 

Selain Rotary, siswa-siswi SMA 1 Pekalongan pun dapat memperoleh kesempatan yang sama dengan Nadya untuk belajar di luar ngeri melalui program-program pertukaran pelajar yang diadakan oleh berbagai lembaga pertukaran pelajar, baik itu yang bersifat gratis maupuan yang berbayar.

Selain berhasil mengirimkan Nadya ke Amerika, pada tanggal 1 September 2013 nanti kita juga akan kedatangan satu siswa program pertukaran pelajar Rotary yaitu dari negara Belgia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: