Tips dari Sekbid. Humas dan SDM

Selamat Datang di SMA 1 Pekalongan

Jangan terkejut ya bersekolah di SMANSA ……

Selamat datang peserta didik baru di SMA 1 Pekalongan. Selamat, Anda sudah menjadi bagian dari sekolah terbaik di Pekalongan. Bangga pasti ya…tapi akan ada hal-hal baru yang mungkin akan membuat Anda terkejut, tidak siap dan semacamnya. Tapi Anda tak perlu takut karena ini bukan hal yang berkaitan dengan hantu atau hal-hal lain yang menyeramkan. Penasaran?

Yuk, kita bahas….

Yang pertama adalah masalah model pembelajaran. Kalau di SMP Anda terbiasa dengan guru menerangkan dan siswa mendengarkan dan mencatat. Di SMANSA Anda akan jarang mengalami itu. Anda tahu kan, SMANSA sudah menerapkan Kurikulum 2013. Di dalam kurikulum ini, siswa diharapkan aktif dalam pembelajaran. Ketika siswa di kelas, siswa bukan bak gelas kosong yang siap diisi oleh guru. Siswa diharapkan sudah memiliki informasi tentang materi yang akan dibahas dan apa yang sudah diketahui oleh siswa akan dipresentasikan di kelas sebagai bahan diskusi. Model pembelajaran semacam ini akan membuat siswa lebih memahami materi dan mendorong siswa menjadi pribadi yang senang mencari ilmu, berani berbicara di hadapan orang banyak, percaya diri dan saling menghargai. Keren kan?


Terus gurunya enak dong tidak menerangkan?

Guru akan memberikan tambahan informasi, meluruskan pemahaman siswa yang kurang tepat, menjawab pertanyaan siswa dan menekankan hal-hal penting tentang materi. Jadi, Anda harus bertanya kalau Anda tidak faham tentang materi pembahasan. Jangan takut bertanya, guru-guru SMANSA akan dengan senang hati menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda.

Dengan model pembelajaran ini, tidak heran kalau kemudian belum apa-apa guru akan memberikan tugas. Ya…tugas. Banyak siswa takut bersekolah di SMA 1 karena tugasnya yang banyak, katanya. Itu karena mereka tidak tahu bahwa tugas-tugas yang diberikan guru akan membuat siswa semakin pintar, bertanggung jawab dan mampu mengatur waktu dengan baik. Atau jangan-jangan siswa yang takut tugas itu adalah siswa yang malas dan tidak suka tantangan ya….So, selamat, Anda telah memilih SMANSA, berarti Anda adalah siswa yang suka tantangan. Kalau guru memberi tugas, Anda harus excited, gembira, karena itu adalah tantangan untuk Anda yang akan membuat Anda lebih baik. Jadi kalau guru memberikan tugas, seharusnya bukan ‘hu…’ atau ‘aduh’ yang muncul di hati Anda, tapi, ‘Horee…’

Hal kedua yang akan membuat Anda terkejut adalah teman-teman Anda. SMANSA adalah bak sebuah mangkok es campur di mana Anda akan memiliki teman dari berbagai kelompok yang berbeda secara sosial, ekonomi dan intelegensi. Beberapa dari Anda akan mengalami semacam ‘cultural shock’ di sini. Ada teman-teman yang berasal dari keluarga high class yang semua barang-barangnya ‘high branded’, bermerek. Tetapi ada juga teman-teman yang jarang membawa uang saku, bersepatu rusak, dan harus menahan lapar ketika sebagian teman-temannya makan siang dengan berbagai lauk pauk enak. Ada teman-teman yang sangat jenius, sangat tekun, tetapi ada juga teman yang biasa-biasa saja. Ada teman-teman dari keturunan Arab, Cina dan kebanyakan Jawa tentunya. Berbeda-beda, tapi jangan kuatir, semua anak-anak SMANSA baik hati. Disini Anda akan belajar bertoleransi, belajar menahan diri, belajar sabar, belajar berbagi. Anda harus saling belajar tentang apa pun dari teman-teman Anda. Anda harus pandai-pandai menyesuaikan diri di sini.


Yang kaya harus belajar berbagi dan bertenggang rasa; jangan sombong dan pamer kekayaan di sini. Yang kurang mampu, jangan berkecil hati dan memaksa diri menyamakan diri dengan teman-teman yang berpunya. Jadikan teman-teman sebagai motivasi untuk menjadi orang yang berhasil yang bisa memperbaiki kehidupan keluarga kelak. Yang pandai harus membantu yang kurang pandai, yang merasa kurang pandai, jangan terlalu risau karena semua orang mempunyai keunggulan di bidangnya masing-masing. Yang penting Anda harus belajar serius supaya bisa menyesuaikan dengan yang lain. Kalau di SMP Anda masuk 3 besar, disini Anda akan bertemu dengan 3 besar dari sekolah-sekolah lainnya. Jadikan teman-teman Anda pemacu semangat Anda untuk menjadi lebih baik. Jangan jadikan mereka kompetitor, jadikan mereka partner untuk kelebihbaikan Anda. SMANSA lebih mengembangkan suasana kolaboratif daripada kompetitif. Selain itu, Arab, Cina, Jawa, semua harus berbaur menempa diri dalam kegembiraan bersama.

SMANSA akan terus berusaha menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan penuh kekeluargaan yang akan membuat Anda nyaman belajar di sini.

Okey, selamat bergabung di kapal emas yang akan melabuhkan Anda di masa depan cerah Anda. Amin..Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Kasih dan Sayang, selalu memberkahi kita semua. Amin.

 

 
Hj. Indah Muslichatun, M.Pd
(Sekbid. Humas dan SDM)

Leave a Reply

%d bloggers like this: