Visi Misi

VISI :

Menjadi Sekolah Berkualitas, Berkarakter, dan Berwawasan Global.


INDIKATOR : 

  1. Indikatornya:
  2. Berkualitas dalam pelayanan, pengelolaan dan prestasi
  3. Mewujudkan berkarakter dengan Penguatan Pendidikan Karakter
  4. Suskes USBN dan Ujian Nasional,
  5. Sukses Studi Lanjutan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
  6. Budaya santun, peduli lingkungan, dan budaya literasi.
  7. Berprestasi di bidang akademik dan non akademik.

MISI :

Dalam rangka mencapai VISI tersebut, SMA Negeri 1 Pekalongan menjabarkan misi sebagai berikut:

  1. Mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, emosional dan intelektual bagi seluruh warga sekolah
  2. Mengembangkan pendidikan IPTEK, seni dan budaya serta olahraga,
  3. Melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara efektif, efesien dan berkesinambungan untuk memperoleh lulusan yang memiliki daya saing tinggi di era globalisasi,
  4. Meningkatkan prestasi peserta didik baik akademik maupun non akademik,
  5. Meningkatkan profesionalisme pendidik, tenaga kependidikan dan komite sekolah,
  6. Menumbuhkembangkan pendidikan penguatan karakter religius, nasionalis, mandiri, integritas, dan gotong royong,
  7. Membudayakan pembelajaran dengan mengintegrasikan pendidikan lingkungan yang sehat, bersih dan indah,
  8. Membudayakan lingkungan yang sehat, bersih dan indah,
  9. Mengembangkan sikap toleransi, sopan santun dan disiplin,
  10. Membudayakan senyum, sapa, salam dan salaman,
  11. Mengembangkan budaya Literasi bagi seluruh warga sekolah.

TUJUAN SEKOLAH :

Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Secara lebih rinci tujuan SMA Negeri 1 Pekalongan adalah sebagai berikut :

  1. Terselenggaranya proses pembelajaran secara efektif, berkelanjutan, dan tercapainya hasil yang optimal;
  2. Tercapainya kompetensi peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi;
  3. Tertingkatnya kompetensi guru dalam melaksanakan layanan pembelajaran yang berkualitas;
  4. Terlaksananya tata tertib dan segala ketentuan yang mengatur operasional sekolah, baik para pegawai maupun peserta didik;
  5. Terciptanya situasi pembelajaran yang kondusif;
  6. Tertingkatnya rata – rata nilai ujian nasional (UN);
  7. Tertingkatnya kemampuan dan prestasi peserta didik dalam olimpiade sains;
  8. Terwujudnya SDM yang memiliki ketrampilan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat;
  9. Terbentuknya karakter yang baik pada peserta didik di dalam ataupun di luar sekolah;
  10. Terwujudnya kemampuan peserta didik, guru, dan karyawan untuk berkompetisi pada era global;
  11. Terciptanya perilaku insani yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan tata kehidupan sekolah.

Leave a Reply

%d bloggers like this: